0274 - 798008
smknduagodean@yahoo.co.id
Godean, Sleman, YK, INA. 55564

blog-img
06/03/2023

Gerakan Kurangi Penggunaan Plastik Sekali Pakai

Candra Herkutanto | Pendidikan

Osis dan duta adiwiyata SMKN 2 Godean ajak warga sekolah untuk kurangi penggunaan plastik sekali pakai. Peringatan hari peduli sampah nasional pada 21 Februari 2023 lalu dimanfaatkan oleh OSIS dan Duta Adiwiyata SMK Negeri 2 Godean untuk kembali mengajak seluruh warga SMK Negeri 2 Godean untuk mengurangi penggunaan plastik sekali pakai. Tidak bisa dipungkiri, butuh kesabaran dalam mengkampanyekan gerakan tanpa plastik sekali pakai . Untuk menuju gerakan nol plastik, perlu kesabaran dan solusi nyata. Perlahan, perlu diawali dengan pengurangan dalam penggunaannya.

Melalui tulisannya yang dimuat di buletin Pilar SMKN 2 Godean, Cahya Ichtiarni (X Boga 1, Ketua Duta Adiwiyata) menyebutkan keprihatinannya terhadap sampah plastik yang dihasilkan. Kita ambil contoh timbunan sampah yang ada di TPST Bantargebang. Menurut data yang dihimpun oleh kompas.com, sampah yang menumpuk di TPST Bantar Gebang kini sudah setinggi gedung 16 lantai dan kemungkinan akan terus bertambah jika tidak ada gerakan nyata yang dilakukan.

Kebiasaan membuang sampah sembarangan juga perlu menjadi sorotan. Maka kemudian dewasa ini kita lihat fenomena sekelompok remaja yang melakukan aksi bersih-bersih lingkungan yang ada sampah cukup banyak. Cahya, dalam tulisannya menyebutkan bahwa fenomena Pandawara Group dan kelompok bebersih sampah lainnya, perlu kita dukung bersama. Setidaknya dengan membiasakan tidak membuang sampah sembarangan, memungut sampah yang tercecer dan membuangnya sesuai pada tempatnya, serta mengganti wadah plastik sekali pakai dengan wadah yang dapat digunakan berulang. Juga menerapkan 3R bagi sampah yang dihasilkan.

Lebih lengkapnya, baca tulisan dari Cahya Ichtiarni, peserta didik kelas X Boga 1 pada buletin Pilar, SMKN 2 Godean. Salam literasi!

Bagikan Ke:

Populer